Catat, pada Tahun Ini Tinggal Satu Peristiwa Gerhana Lagi

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin (GMC) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada 2019 ini diprediksi bakal terjadi lima (5) kali gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Yang baru-baru ini terjadi adalah gerhana bulan sebagian pada 17 Juli 2019 lalu.

Diketahui, gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Adapun gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

BACA JUGA:

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kalau pada 2019 ini terjadi lima kali gerhana. Dari kelima gerhana tersebut, 4 gerhana telah terjadi dan dilalui.

Keempat gerhana tersebut adalah gerhana matahari sebagian (GMS) pada 5-6 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, gerhana bulan total (GBT) pada 21 Januari 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, gerhana matahari total (GMT) pada 2 Juli 2019 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, dan gerhana bulan sebagian (GBS) pada 17 Juli 2019 yang dapat diamati dari Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*