Guru Itu Tak Hanya Pendidik, Tapi Juga Fasilitator, Katalisator dan Motivator

Guru di depan kelas
Guru di depan kelas (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

MOJOKERTO, KalderaNews.com – Guru menjadi kunci kesiapan peserta didik menghadapi era industri 4.0. Kontribusi guru terletak pada penguatan pendidikan karakter manusia Indonesia agar tanggap terhadap segala tantangan.

Dengan demikian, nilai-nilai pendidikan karakter Indonesia haruslah muncul dari seorang guru agar dapat menjadi figur andalan di masa depan.

Hal tersebut dikemukakan Supriano selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemendikbud) saat membuka Pekan Hari Pendidikan Nasional 2019, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu, 20 April 2019.

BACA JUGA:

“Guru ini masih memiliki kekuatan. Apapun perubahannya, guru ada di garis depan,” ujarnya.

Ia menegaskan seorang guru menjadi seorang role model dari pendidikan karakter, pendidikan moral, dan kerja sama harus keluar dari seorang guru.

Karena itulah, guru tidak hanya berperan sebagai pendidik, tapi juga sebagai fasilitator, katalisastor dan motivator bagi para siswa. Kontribusi ini, menurut Supriano tak tergantikan oleh kemajuan teknologi sebagai inti dari perkembangan era industri 4.0.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*