Sultan Brunei Panen Perdana Padi Asal Indonesia

Sultan Brunei Panen Perdana Padi Asal Indonesia
Sultan Brunei Panen Perdana Padi Asal Indonesia (KalderaNews/KBRI Brunei)
Sharing for Empowerment

BANDAR SERI BEGAWAN, KalderaNews.com – Sultan Haji Hassanal Bolkiah secara resmi memulai panen perdana padi di kawasan Wassan Padi Field, Brunei Darussalam pada Selasa, 12 Februari 2019. Hal ini menjadi momen yang bersejarah bagi kerja sama pertanian Brunei dan Indonesia karena padi yang dipanen oleh kepala negara kesultanan merupakan padi Hibrida varietas Sembada 188 dari Indonesia.

Hasil panen perdana padi tersebut diperkirakan mencapai 5,5 – 6,5 ton gabah kering giling, dua kali di atas rata-rata hasil panen varietas padi lain di Brunei Darussalam.

Sultan berharap agar benih Padi Sembada 188 dapat disebarluaskan kepada para petani di Brunei Darussalam guna meningkatkan ketahanan pangan Brunei Darussalam.

Benih padi sebanyak 2 ton yang telah diimpor dari Indonesia tersebut sudah habis ditanam di lahan sawah seluas 265 hektar. Saat ini, pihak Brunei sedang dalam proses untuk kembali mengimpor benih padi Sembada 188 sebanyak 2,5 ton untuk musim tanam mendatang.

Hadir pada panen perdana tersebut putra mahkota dan kerabat diraja serta para pejabat kementerian terkait, beberapa duta besar asing di Bandar Seri Begawan, termasuk Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko M.A.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*