Simak Ritual Imlek 2019 untuk Warga Tionghoa Biar Keberuntungan Datang

JAKARTA, KalderaNews.com – Ritual jelang Imlek itu perlu dilakukan warga Tionghoa menjelang Tahun Babi Tanah. Dikutip dari Indofengsui beberapa hari sebelum perayaan Imlek, warga Tionghoa diharapkan melakukan bersih-bersih di dalam maupun di luar rumah. Buka jendela dan pintu untuk pertukaran chi baru.

Ingat lokasi 3 tabu feng shui: Five Yellow, Three Killings dan Grand Duke Jupiter ada di Barat Daya, Barat dan Barat Laut. Saat mulai Hari Raya Imlek, tidak lagi boleh ada galian di sektor-sektor atau arah tersebut, di dalam rumah maupun di halaman rumah. Menggali atau membuat keributan di areal tersebut adalah pantang, sebab tiga tabu ini adalah hambatan dalam praktek feng shui yang menyebabkan rezeki menjauh dan bisa mengalami berbagai musibah.

Kalau ada renovasi atau pembangunan rumah baru, jangan memulai menggali di tiga sektor atau arah tersebut. Hal lainnya adalah jangan sampai ada barang pecah belah jatuh dan menimbulkan suara pada hari Imlek, kalau terjadi hal seperti itu maka termasuk ciri-ciri kemalangan atau sial pada sepanjang tahun 2019.

Berikut ini sarana dan ritual Imlek pada tahun ini adalah:

  • Ada beberapa buah yang membawa makna masing-masing, silakan dipilih sesuai kebijaksanaan. Nanas (lambang mencapai sukses), Anggur (lambang kelimpahan dan kemakmuran), Jeruk Mandarin (simbol keberuntungan finansial atau bisnis), Jeruk kuning (kesuksesan), Pir (yang sakit agar sembuh atau mencapai kesehatan yang baik), Melon (lambang uang), Pepaya (mencapai kesehatan yang baik), Semangka (simbol dari uang), Apel (simbol harmoni dan perdamaian), pisang (kesatuan dan harmoni). Buah-buahan yang masam seperti Jeruk Lemon adalah lambang membuang sial.
  • Makanan yang dipersembahkan pada perayaan Imlek tahun ini adalah: Lumpia, Pangsit, Kue Keranjang, Masakan Ayam dan Mie.
  • Minumannya adalah Arak.
  • Kue apem untuk di bawah atau pertiwi atau di lantai.
  • Dupa atau Hio seperlunya.
  • Meja persembahan ada di Barat dan sembahyang menyambut Dewa Rezeki adalah menghadap ke arah Barat.
  • Jam-jam yang beruntung adalah pada jam kekuasaan shio: Kelinci 05.00-07.00, Kambing 13.00-15.00 dan Macan 03.00-05.00

Seperti biasa, berdoa kepada Dewa Langit dengan dupa 11 batang menghadap ke angkasa. Setelah itu dilanjutkan menghadap ke Barat mengundang Dewa Rezeki tahun 2019 yaitu Sang Budha Ji Gong agar merestui rezeki sepanjang tahun 2019 dan juga sepanjang jaman.

Selain yang disebutkan di atas, hal-hal yang membawa keberuntungan pada tahun 2019 adalah berkorban ilmu pengetahuan, jasa, harta benda, membebaskan binatang dan menaman pohon serta mendapat restu dari guru suci, atau setidaknya telah memiliki tiga simbol (stava, kipas Jo Gong dan simbol Berkah Guru):

  • Melepaskan ikan merah atau ikan hitam ke kolam atau akuarium yang ada di rumah untuk dipelihara. Minimal satu ikan untuk satu orang.
  • Melepaskan sepasang burung ke alam bebas minimal sepasang untuk keluarga atau sepasang untuk suatu organisasi.
  • Menanam pohon di halaman rumah, kantor dan tempat organisasi. (JS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*