Mau Tahu Kenapa Shio Babi Ada di Urutan Terakhir dalam Zodiak Tionghoa? Ini 2 Alasannya

Mau Tahu Kenapa Shio Babi Ada di Urutan Terakhir dalam Zodiak Tionghoa? Ini 2 Alasannya
Shio Babi

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu bertanya-tanya kenapa Shio Babi ada di urutan terakhir dalam kalender China? Shio atau zodiak Tionghoa adalah simbol binatang yang digunakan untuk melambangkan tahun dalam astrologi Tionghoa dan kalender Imlek. Dalam tradisi Tionghoa, setiap orang dilahirkan pasti memiliki Shio yang dikaitkan dengan Tahun kelahirannya.

Jumlah shio dalam tradisi Tionghoa terdiri dari 12 binatang dan disebut dengan 12 Shio yang mewakili siklus 12 tahunan. Shio dalam bahasa Mandarin disebut dengan Sheng Xiao.

Uniknya, shio babi ada di urutan terakhir. Selidik punya selidik ada legenda yang melatarbelakangi. Menurut legenda, babi merupakan hewan terakhir dalam siklus zodiak Cina.

Urutan ini didasarkan pada keputusan Kaisar Langit yang menyusunnya berdasarkan urutan ketika masing-masing hewan tiba di istananya, yakni saat suatu ketika Kaisar Langin memerintahkan semua hewan datang menghadapnya.

Legenda yang pertama menyebutkan babi datang terlambat karena ia ketiduran. Namun ada versi lain yang menyatakan kalau babi datang terlambat ke istana Kaisar Langit karena rumahnya dirusak serigala sehingga ia harus membangun segalanya kembali sebelum pergi menemui Kaisar Langit.

Itulah dua legenda yang melatarbelakangi kenapa Shio Babi ada di urutan terakhir dalam zodiak Tionghoa. (JS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*