Kampung Korea Jadi Solusi Tepat Persiapkan Purna TKI di Korea?

Kampung Korea Jadi Solusi Tepat Persiapkan Purna TKI di Korea?
KBRI Seoul melakukan terobosan dengan inovasi Kampung Korea, singkatan dari “Kami Mantab Pulang dari Korea” (KalderaNews/KBRI Seoul)
Sharing for Empowerment

SEOUL, KalderaNews.com – Bekerja di Korea Selatan bagi sebagian orang memang sangat menggiurkan. Selain mendapatkan perlindungan hukum dari Pemerintah setempat, para TKI atau sekarang biasa disebut Pekerja Migran Indonesia (PMI) tersebut juga pastinya akan mendapatkan jaminan asuransi, tempat tinggal, makan hingga gaji perbulan setara dengan gaji masyarakat setempat yang kisarannya nota bene berkali-kali lipat lebih tinggi dari UMR di Indonesia.

Berdasarkan data Kantor Imigrasi Korea pada 31 Des 2018, jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Korea Selatan adalah 47,366 orang, dimana 34,920 orang diantaranya adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dari jumlah tersebut, PMI yang dikirim Pemerintah sebanyak 29.360 orang, dan Anak Buah Kapal yang dikirim swasta sebanyak 5.320 orang. Mereka tersebar di 86 kota di Korea Selatan.

Saat kontrak kerja habis, sebagian dari PMI pun mengalami kegalauan. Seribu ketakutan menghantui kepala mereka. Bagaimana mereka akan meneruskan hidup di Indonesia. Sebanyak-banyaknya tabungan yang bisa mereka sisihkan selama bekerja lambat laun akan habis jua.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*