Deadline Beasiswa Full D3, S1, S2 dan S3 ke Brunei Darussalam 28 Februari 2019

Deadline Beasiswa Full D3, S1, S2 dan S3 ke Brunei Darussalam 28 Februari 2019
Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students 2019-2020

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang ingin kuliah ke Brunei Darussalam, tak ada salahnya memanfaatkan Beasiswa D3, S1 S2, dan S3 ini. Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students 2019-2020 telah dibuka.

Beasiswa yang diberikan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, Brunei Darussalam ini memungkinkan kamu kuliah di empat universitas terbaik di Brunei yang menjadi tujuan studi, yakni Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB).

Beasiswa D3 disediakan untuk Diploma Ilmu Kesehatan, yakni keperawatan dan paramedis yang berlangsung di Politeknik Brunei (PB), beasiswa S1 dan S2 masing-masing berlangsung empat dan dua tahun yang bisa diambil di UBD, UNNISA, dan UTB. Sementara, beasiswa S3 untuk tahun tidak tersedia.

Evaluasi beasiswa dilakukan setiap semesternya dan kandidat harus mencapai batas minimum kredit yang ditetapkan untuk mempertahankan beasiswa. Beasiswa ini mencakup semua biaya kuliah selama studi, tiket pesawat PP ke Brunei Darussalam, tunjangan bulanan sebesar BND 500, tunjangan buku per tahun sebesar BND 600, tunjangan makan setiap bulan BND 150, setelah menyelesaikan kuliah juga akan diberikan tunjangan bagasi maksimum BND 250 untuk negara di wilayah ASEAN. Ada juga, jaminan asuransi selama durasi beasiswa serta akomodasi tempat tinggal di universitas atau politeknik yang dituju.

Persyaratan umum beasiswa ini:

  • Pendaftaran terbuka bagi semua warganegara, tidak terbatas hanya ASEAN, negara-negara anggota OIC maupun Commonwealth.
  • Pelamar harus dinominasikan oleh pemerintah negara setempat (Kemdikbud atau Kemlu)
  • Pelamar harus dinyatakan sehat untuk memperoleh beasiswa serta belajar di Brunei Darussalam oleh dokter yang diakui sebelum tiba di Brunei Darussalam. Biaya mendapatkan surat keterangan sehat ini ditanggung sendiri oleh pelamar.
  • Pelamar harus berusia antara 18 – 25 tahun untuk program diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk program pascasarjana terhitung 31 Juli 2019
  • Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam

Sementara itu, persyaratan khusus terkait program studi bisa diliat di program offered yang ditawarkan oleh masing-masing universitas.

Adapun dokumen aplikasi yang perlu disiapkan

  • Formulir aplikasi (download)
  • Pasfoto terbaru ukuran paspor
  • Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir
  • Statement of Purpose (tertera di formulir)
  • Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir
  • Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris (terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak kampus dan dicap).

Aplikasi beasiswa ini tutup 28 Februari 2019. So, lengkapilah formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi lainnya dan kirim ke email: applyBDGS2019@mfa.gov.bn

Jika masih ada yang ingin ditanyakan bisa kontak:
Technical Assistance Unit
Division of Scholarship, Training and Technical Assistance
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam
Tel: +673 2261177 ext. 155
Fax: + 673 2261250
E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Bagi pelamar yang ingin studi di kampus UBD, selain mengirimkan aplikasi di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online KLIK: Universiti Brunei Darussalam (UBD). (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*