5 Langkah Daftar SNMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

5 Langkah Daftar SNMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

JAKARTA, KalderaNews.com – Buat kamu yang mau mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, kini kamu saatnya mendaftar karena masa pendaftaran telah dimulai pada 4 Februari 2019 lalu.

Kalau pada tahap sebelumnya pihak sekolah dan siswa telah diminta untuk melakukan pengisian dan verifikasi data sekolah dan siswa (PDSS) yang berakhir pada Selasa, 29 Januari 2019, saatnya kamu yang memenuhi syarat dan masuk peringkingan oleh Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT) dapat mendaftar melalui laman resmi SNMPTN 2019.

Lantas bagaimanakah cara mendaftar SNMPTN 2019? Berikut ini 5 langkah mudahnya:

  1. Login di Laman Resmi SNMPTN
    Kamu musti login melalui laman resmi SNMPTN 2019 dengan menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password yang sama ketika melakukan penilaian pada sistem PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Nah, bila kamu baru pertama kali login makan muncul halaman untuk mengganti password. Sebaiknya, kamu mengganti password tersebut dengan password yang sesuai keinginanmu dan gampang diingat. Di tahapan ini, apabila kamu ternyata tidak berhak mengikuti SNMPTN maka akan muncul halaman pernyataan bahwa kamu tidak dapat mengikuti SNMPTN.
  2. Menyanggupi Pernyataan
    Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman persetujuan dan kesungguhan mendaftar SNMPTN 2019. Di laman yang muncul otomatis ini akan terpampang nama siswa, NISN, dan asal sekolah. Kamu tinggal klik “Saya Setuju” dan klik tombol proses.
  3. Melakukan Pendaftaran
    Kamu bakal diarahkan ke halaman untuk memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi yang diinginkan. Setelah mengisi, kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran, mengunggah foto, mengunggah bukti prestasi apabila ada dan mengunggah portofolio apabila memilih program studi seni dan/atau olahraga.
  4. Finalisasi Pendaftaran
    Langkah selanjutnya adalah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN. Kamu musti perhatiin ini karena apabila tidak dilakukan maka kamu dianggap tidak mendaftar. Sebelum finalisasi, pastikan bahwa data, pemilihan PTN, dan program studi sudah benar karena setelah finalisasi maka data-data pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Jika kamu sudah yakin, centang seluruh kotak konfirmasi, kemudian klik finalisasi pendaftaran. Finalisasi kelar. Eit, masih ada satu lagi.
  5. Mengunduh dan Mencetak Kartu
    Setelah finalisasi maka kamu wajib mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta dengan mengisikan nomor peserta UN. Kelar deh daftarnya. Selamat ya! Moga keterima (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*