15 Jenis Bunga Valentine dan Makna di Baliknya

15 Jenis Bunga Valentine dan Makna di Baliknya
Mawar Merah: Simbol dari cinta sejati dan romantisme ini merupakan cara klasik pria untuk mengucapkan “I love you” (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Valentine identik dengan seuntai bunga. Bunga ini biasanya diberikan pada pasangan, kekasih, sahabat dan orang-orang tercinta. Yang umum diberikan adalah bunga mawar. Namun, di beberapa negara, mawar bukan satu-satunya bunga yang diberikan saat Valentine.

Penasaran dengan jenis bunga yang bisa diberikan saat Valentine? Berikut ini 15 jenis bunga untuk Valentine dan makna di baliknya:

  1. Mawar
    Simbol dari cinta sejati dan romantisme ini merupakan cara klasik pria untuk mengucapkan “I love you”. Tak heran, mawar merah selalu ludes terjual di toko bunga di hari Valentine. Selain mawar merah, sebenarnya bisa juga diberi mawar putih yang menyimbolkan kesucian dan awal yang baru. Mawar putih di hari Valentine juga melambangkan kesungguhan dan ketulusan cinta dari sang pemberi bunga. Semetara itu mawar pink menyimbolkan kekaguman dan kecantikan. Mawar sendiri tak selalu melambangkan kisah ketertarikan atau cinta saja, tapi juga bisa menjadi ungkapan dari suatu persahabatan yang tulus, rasa terima kasih, serta rasa turut berbahagia atas kebahagiaan orang lain.
  2. Alstroemeria
    Alstroemeria dikenal sebagai Peruvian Lilies. Bunga ini datang dalam berbagai warna seperti putih, emas, aprikot, pink dan lavender. Alstroemeria dapat digunakan untuk mengekspresikan pengabdian dan persahabatan.
  3. Aster (Daisy)
    Dikenal sebagai simbol cinta dan kesabaran, rangkaian bunga aster tentunya dapat melelehkan hati pasangan Anda. Aster (Daisy) juga menyimbolkan kejujuran dan sikap apa adanya. Umumnya pria memberikan aster kepada pasangannya pada hubungan tahap awal (belum serius). Dengan bunga inilah mereka ingin menyampaikan niat terdalamnya untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Berbeda dengan bunga mawar merah yang menunjukan gairah dan juga semangat, bunga Daisy atau bunga Aster ini memiliki makna keindahan, kecantikan dan juga kesucian. Kalau kamu memandangi mawar merah seketika membuat hatimu lebih berdebar-debar, bunga Daisy memberikanmu efek menenangkan karena bunga ini memang melambangkan keindahan dan juga ketulusan. Selain untuk pasangan, bunga Daisy ini juga cocok menjadi bunga untuk Valentine kepada sang mama atau saudara tercinta.
  4. Calla Lilies
    Ini adalah salah satu jenis bunga yang cocok diberikan saat Valentine. Selain terlihat elegan, bunga ini juga menonjolkan kemegahan dan keindahan.
  5. Anyelir (Carnation)
    Setiap warna anyelir memiliki makna tersendiri. Anyelir pink melambangkan cinta sorang ibu, merah melambangkan kekaguman, dan putih untuk keberuntungan. Baru jadian? Bunga Anyelir atau Carnation ini jadi bunga untuk Valentine yang tepat untukmu karena bunga Anyelir ini memiliki makna cinta yang baru yang sedang tumbuh dengan indah dan juga mengagumkan. Untuk kamu yang sedang berbunga-bunga di awal hubungan ini, coba deh kasih bunga Anyelir untuk Valentine dengan pasanganmu.
  6. Krisan
    Krisan adalah simbol kekayaan, kesetiaan dan kebenaran. Dengan memberikan rangkaian bunga krisan kepada pasangan, kamu telah menyampaikan kemurnian cinta kepadanya.
  7. Lili
    Bunga ini menyimbolkan keagungan dan kesetiaan. Satu tingkat lebih tinggi dari Mawar Merah, Lili merupakan ungkapan kesetiaan dan siap berkorban. Untuk kamu yang ingin memberikan bunga Lili kepada pasangan, coba pikir-pikir lagi karena bunga Lili ini juga melambangkan persahabatan dan juga pengabdian. Meski bunga Lili itu terlihat sangat indah dan kamu berniat untuk menunjukan keindahan pasangan, tapi bunga Lili ini cocoknya diberikan kepada sahabatmu, lho! Pilih yang lain dulu deh untuk pasanganmu.
  8. Anggrek
    Bunga ini menyimbolkan perhatian dan kekuatan. Mirip Mawar Merah, Anggrek juga merupakan lambang dari kesungguhan hati dan cinta seseorang. Tak hanya untuk pacar atau kekasih, bunga ini juga bisa diberikan kepada sahabat, saudara, atau orangtua. Bunga Anggrek dianggap sebagai bunga yang mahal dan eksklusif karena bentuknya yang cantik, namun membutuhkan perawatan yang instens karena nggak gampang untuk tumbuh. Makanya, bunga Anggrek seringkali dilambangkan sebagai bentuk kekaguman dan kekuatan. Kalau kamu memilih bunga Anggrek sebagai bunga untuk Valentine, tandanya kamu sedang menunjukan kekagumanmu terhadap pasangan. Maknanya cukup dalam dan tulus, lho!
  9. Tulip
    Bunga ini menyimbolkan cinta yang dalam dan serius. Mungkin bagi banyak orang, Tulip bukanlah bunga yang melambangkan makna cinta. Tapi sesungguhnya, tulip merupakan bunga yang dipakai pria untuk mendeklarasikan cintanya. Tulip melambangkan cinta yang utuh dan juga sempurna. Bagi kamu yang udah menikah, bunga tulip sangat dianjurkan menjadi bunga untuk Valentine bersama pasangan. Bunga ini juga senantiasa melambangkan kenyamanan. Jadi, dengan memberikan bunga ini, kamu sedang menunjukan kepada pasangan betapa nyamannya berada di dekatnya.
  10. Bunga Matahari
    Menyatakan bahwa kamu bahagia dengannya merupakan salah satu bentuk pernyataan cinta kepada pasangan. Makanya, Bunga Matahari bisa menjadi salah satu bunga untuk Valentine yang tepat diberikan kepada pasangan. Untuk kamu yang sudah menjalin hubungan dengan pasangan dalam jangka waktu lama, coba deh ungkapin betapa bahagiannya kamu dengan memberikan bunga matahari ini.
  11. Bunga Iris
    Kalau tahun ini hubunganmu sedang merenggang dengan pasangan, coba deh berikan Bunga Iris sebagai bunga hadiah Valentine untuk mengungkapkan bahwa kamu masih menaruh harapan kepadanya. Semoga aja, dengan memberikan Bunga Iris kepada pasangan di hari Valentine, hubungan kalian bisa erat kembali dan kembali romantis.
  12. Bunga Gardenia
    Klasik, ya? Ya, bunga untuk Valentine yang satu ini memang melambangkan kesetiaan dan juga rasa cinta yang tetap untuk jangka waktu yang lama. Bunga untuk Valentine yang satu ini cocok banget diberikan untuk kamu yang udah lama berumah tangga atau berhubungan dalam waktu yang sudah cukup lama.
  13. Bunga Melati
    Bunga ini berwarna putih seperti salju dan memiliki keharuman yang luar biasa. Selain mawar, bunga melati bisa jadi pilihan untuk menyatakan cinta. Karena bunga melati berarti kecantikan. Selain itu nama lain Bunga Melati adalah Jasmine yang berarti a gift from God. Dengan memberi melati, secara tidak langsung kamu ingin memberi tahu kekasihmu bahwa dia adalah hadiah terindah dari Tuhan.
  14. Bunga Bakung
    Sepertinya kamu enggak terlalu familiar ya dengan nama bunga bakung? Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan nama Lily. Bunga Lily ini dipercaya berasal dari susu Dewi Hera dari mitologi Yunani lo. Dewi Hera merupakan ratu dari seluruh dewa-dewi. Makanya Bunga Lily ini melambangkan kesucian, kemurnian, dan kesetiaan.
  15. Bunga Baby’s Breath
    Bunga yang berbentuk sangat kecil dan berwarna putih ini biasanya selalu ada dalam rangkaian bunga. Biasanya bunga ini menjadi pelengkap yang manis, tapi jangan salah ternyata baby’s breath punya makna khusus. Bunga ini melambangkan kemurnian dan tanpa dosa. Jadi berikan kepada kekasihmu untuk menandakan cintamu yang murni.

Sudah pilih bunga yang akan diberikan pada kekasih, isteri, sahabat dan orang-orang tercintamu? (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*