Mau Lolos SBMPTN? Simak Tips Berikut Ini!

Mau Lolos SBMPTN? Simak Tips Berikut Ini!
Ilustrasi ujian SBMPTN (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu tidak lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur tanpa tes atau yang sering disebut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN)? Tenang, masih ada jalur lain menuju jurusan favorit kamu. Salah satunya adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN).

SBMPTN memang berbeda dari SNMPTN. Pada jalur ini, siswa harus benar-benar melakukan persiapan karena untuk dapat melewatinya siswa harus mengikuti seleksi bersama. Atau dengan kata lain, siswa harus melakukan serangkaian tes uji materi.

Dr. Ir. Tedy Setiawan, M.T., seorang konsultan pendidikan dan karier mengungkapkan 7 tips agar dapat lolos SBMPTN. Berikut ulasannya:

1. Mulai sekarang tentukan tujuan

Sebelum mendaftar tentu saja siswa harus sudah yakin dengan jurusan dan PTN yang akan dituju. Pertimbangkan baik-baik karena jurusan yang akan dituju 90% menentukan masa depan siswa. Perhatikan pula bakat, minat, kemampuan, serta biaya untuk mencapai jurusan yang diinginkan.
Selain itu, jurusan yang menjadi tujuan juga membantu siswa agar lebih fokus dalam belajar. Misal, jurusan yang diambil termasuk dalam golongan Saintek, maka pelajaran yang menjadi fokus selain materi wajib (Potensi Akademik, Matematika Dasar, dan Bahasa Inggris serta Indonesia), juga materi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan jika seorang siswa mengambil rumpun Soshum, maka materi wajib, juga harus fokus pada materi Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

2. Kenali soal-soal SBMPTN

SBMPTN bukalah seleksi yang santai yang tinggal menunggu hasil saja seperti SNMPTN. Seorang siswa harus tekun belajar dalam mengenali soal-soal dalam SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, soal-soal SBMPTN akan memiliki kemiripan pola soal dengan tahun-tahun sebelumnya.

3. Gaya belajar mandiri

Setiap siswa tentu memiliki gaya belajarnya masing-masing. Hal ini mengacu pada tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam menyerap bahan belajar. Siswa yang ingin lolos SBMPTN tentu harus mengenali pola belajar mandirinya terutama latihan soal untuk persiapan SBMPTN.

4. Jangan menghafal, tapi pahami konsep dasarnya

Soal-soal dalam SBMPTN bukanlah soal-soal teoritis yang dapat dengan mudah dihafalkan. Soal-soal yang muncul adalah soal pemahaman yang biasanya Hots (High Order Think Skill). Memahami konsep beserta pengembangannya akan sangat membantu dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN.

5. Kenali musuh atau saingan

Setiap jurusan yang diambil tentu memiliki tingkat persaingan (passing grade) yang berbeda-beda. Semakin favorit jurusan yang diinginkan tentu musuh atau saingan akan semakin banyak. Terkadang jurusan yang sama pada universitas yang berbeda akan memiliki tingkat persaingan yang berbeda pula. Dengan mengenali musuh akan membantu siswa untuk mempersiapkan diri baik materi maupun mental untuk menghadapi persaingan.

6. Jadilah pejuang

Bagi sebagian siswa, lolos SBMPTN bukanlah hal yang mudah. Siswa perlu berjuang dengan cara belajar dengan rajin dan tekun agar dapat mengerjakan soal-soal SBMPTN dengan sebaik-baiknya. Apalagi di tengah godaan untuk terus bermain game online ataupun media sosial melalui gadget yang dimiliki. Siswa tentu perlu berjuang untuk dapat menguasai diri terhadap godaan untuk bermain gadget tersebut.

7. Berdoa dan berusaha

Manusia dapat berusaha secara maksimal, tetapi hasil akhirnya tetap Tuhan yang menentukan. Alangkah baiknya jika usaha kita juga disertai dengan doa agar Tuhan memberikan kehendak yang terbaik bagi setiap usaha umat-Nya. (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*