Awas, Main Gadget Lebih dari 2 Jam Sehari, Kemampuan Akademik Anak Anjlok

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini orangtua harus tegas dalam hal pembatasan waktu bagi putra-putri tercintanya dalam hal main gadget. Pasalnya, kebebasan dalam bermain gadget terbukti menurunkan kemampuan akademik.

Para peneliti dari Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute di Amerika Serikat dalam risetnya pada 4.500 anak-anak berusia 8-11 tahun yang biasa aktif dalam bermain gadget, tidur, dan melakukan aktivitas fisik menemukan hanya sekitar 5 persennya memenuhi jadwal rutinitas ideal harian.

Rekomendasi yang diberikan yakni 2 jam untuk main gadget, 9-11 jam tidur di malam hari, dan 1 jam melakukan kegiatan yang melibatkan fisik. Hasil akhirnya ditemukan  bahwa anak-anak dengan jadwal harian ideal memiliki kecerdasan lebih unggul ketimbang teman-teman seusianya yang tidak membagi-bagi waktu untuk bermain gadget, tidur, dan beraktivitas fisik.

Oleh sebab itu, para peneliti menganjurkan pada orangtua agar membatasi anak bermain gadget tidak lebih dari 2 jam dalam sehari.

Salah seorang peneliti bernama Jeremy Walsh menegaskan waktu anak main gadget lebih dari 2 jam tanpa sadar memang dapat menurunkan kemampuan kognitif anak.

Dalam artian, anak mungkin jadi lebih gemar bermain gadget daripada belajar, sehingga otomatis kemampuannya dalam bidang akademik cenderung lebih rendah daripada teman-temannya yang jarang bermain gadget.

Sejalan dengn hasil riset ini juga telah ditemukan oleh Asisten Dosen University of Illinois College of Applied Health Sciences, Eduardo Esteban Bustamante yang menyampaikan main gadget berlebihan memang dapat memengaruhi kemampuan otak anak dalam berpikir.

Jam biologis tubuh anak terganggu sehingga mengacaukan waktu tidur. Dengan kata lain, terlalu sering dan lama bermain gadget bisa mengganggu proses pemulihan stres dalam tubuh. Padahal itu sangat penting untuk anak dalam masa pertumbuhan. (NS)

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*