4 Prinsip Investasi Paling Kece Buat Milenial

4 Prinsip Investasi Paling Kece Buat Milenial
Generasi Milenial (Foto: Illustrasi)

JAKARTA, KalderaNews.com – Investasi itu penting bagi siapa pun, teristimewa bagi milenial yang kerap dicap sebagai generasi boros. Pada dasarnya, kalau hanya mau mengikuti gaya hidup, seberapa pun uang yang disediakan tidak akan pernah cukup. Uang akan mengucur terus-menerus dan pada akhirnya di hari tua akan sengsara karena tidak memiliki simpanan yang cukup.

Investasi menjadi salah satu solusi untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini didasarkan dengan fakta bahwa jumlah orang yang nyaman dan hidup tenang di masa tua hanya sedikit. Kebanyakan mereka hidup bergantung pada keuangan orang lain. Mau jadi seperti itu kalau udah tua? Jangan sampai! Investasi menjadi penting agar hidup di bawah tekanan inflasi di masa tua tetap nyaman.

Ada banyak investasi yang bisa dipilih mulai dari bisnis, barang koleksi, emas, obligasi, reksa dana hingga saham. Semua bisa menjadi opsi untuk keuangan yang lebiah baik di masa depan. Kendati demikian, sebaiknya perhatikan sejumlah prinsip bagi investor pemula berikut ini:

  1. Jangan buang waktu
    Mulailah investasi sekarang ini juga. Jangan tunda-tunda lagi. Semakin menunda-nunda, semakin kamu akan merugi. Semakin dini dan cepat memulai suatu investasi maka semakin besar pula keuntungan yang akan diraih. Kamu yang memulai investasi di usia 20 tahunan tentu memiliki hasil berbeda dengan mereka yang baru berinvestasi di usia 30 atau 40 tahunan. Don’t wait for a better salary package or a fatter bank account before you invest. Do it NOW, not Later.
  2. Mulai dengan investasi kecil
    Karena investasi makin terjangkau, alangkah baiknya investasi mulai dilakukan dengan dana bernilai kecil terlebih dahulu, seperti 10 persen dari penghasilan. Investasi dengan modal sedikit akan mengusir rasa kekhawatiran yang mengganggu dalam berinvestasi.
  3. Tentukan tujuan investasi
    Ada berbagai jenis investasi . So, pilihlah jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan tujuan investasimu. Pertama tentunya menentukan tujuan investasi, misalkan untuk pensiun, pendidikan, beli rumah, beli mobil hingga untuk kesehatan.
  4. Tinjau secara berkala
    Kamu harus meninjau investasi yang dipilih secara berkala. Jangan pernah berharap hasilnya akan berlipat, jika tidak ditinjau secara berkala. Oleh karena itu, cara ini sangat membantu untuk mendapatkan gambaran mengenai apakah investasi tersebut menguntungkan atau sebaliknya. (ML)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*