Magic Finger Balawan Pukau Penonton di Teatro Prometeo Ekuador

Magic Finger Balawan Pukau Penonton di Teatro Prometeo Ekuador
Penampilan the Batuan Ethnic Fusion di Ekuador (KalderaNews/KBRI Quito)


QUITO, KalderaNews.com – I Wayan Balawan atau lebih dikenal dengan nama Balawan “the magic finger guitarist” dan grupnya “the Batuan Ethnic Fusion” berhasil memukau lebih dari 120 orang penonton Ekuador dalam penampilannya di Teatro Prometeo, Casa de la Cultura, di Quito, Ekuador, 12 Desember 2018 lalu.

Penampilan Balawan and the Batuan Ethnic Fusion ini merupakan penampilan perdana musisi Indonesia di Casa de la Cultura Benjamin Carrion yang merupakan salah satu pusat budaya terbesar di Ekuador, yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan Ekuador. 

Balawan and the Batuan Ethnic Fusion yang khusus datang dari Bali tersebut tampil ciamik dengan gitar doubleneck yang menjadi ciri khasnya, dipadu dengan alat-alat musik tradisional Bali yakni Gamelan, Kenong dan Ceng ceng dan gendang yang menghasilkan irama dinamis yang sangat memukau.

Tidak saja menyuguhkan keahliannya memainkan doubleneck gitarnya dengan kecepatan luar biasa yang mampu memainkan 18 not musik dalam tempo 1 detik, Balawan and the Batuan Ethnic Fusion juga menampilkan kemampuan memainkan dengan alat musik Gamelan Bali yang dimainkan oleh I Nyoman Suarsana bersama I Wayan Yogi  Eko Martika. Tampilan ini mendapatkan sambutan yang luar biasa meriah dari penonton yang terkagum-kagum dengan kemampuan mereka.

Tampil membawakan beberapa musik dan lagu Indonesia seperti Keroncong Kemayoran, Don Dap Dape yang dibawakan oleh Ayu Kamaratih atau dikenal dengan Mustikara, Balawan and the Batuan Ethnic Fusion seolah membawa penonton Ekuador jauh melanglang buana ke alam Indonesia. Ayu Kamaratih juga tampil bersama bintang tamu khusus yaitu Duta Besar RI Quito, Diennaryati Tjokrosuprihatono, membawakan lagu Jali-Jali yang mendapatkan te[uk tangan meriah.

Tidak saja lagu-lagu dari Indonesia, Balawan and the Batuan Ethnic Fusion juga menampilkan kebolehannya membawakan lagu khas dari Ekuador yang bergenre khusus yaitu Reggaeton. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*