Bingung Libur Sekolah Mau Ngapain? Check It Out!

Bingung Libur Sekolah Mau Ngapain? Check It Out!
Liburan bersama keluarga (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Musim libur sekolah sudah tiba. Siapa sih yang kagak senang dengan yang namanya liburan. Meski hanya sehari-dua hari, liburan akan membuat pikiran lebih fresh sehingga waktu masuk sekolah lagi sudah lebih fresh. Tapi liburan mau ngapin ya? Bingung?

Nah, bagi kamu yang bingung saat liburan sekolah mau ngapain, tak ada salahnya lakukan hal-hal berikut ini. Niscaya, liburanmu akan menyenangkan dan kamu tetap bisa bermain. Sekain itu, liburanmu juga akan tetap bermanfaat buat aktivitas belajarmu:

1. Mencuci tas dan sepatu
Ya ini ada unsr mainnya, yakni main air. Yup, cuci sepatu dan tas. Lebih asyik kalau kamu lakuin ini bareng kakak dan adikmu. Kamu bisa puas juga main air. Cuci yang bersih dan perhatikan bahan tas dan sepatumu. Tidak semua kuat untuk disikat. Jadi, cuci dengan lembut dan tidak perlu direndam.

2. Membersihkan koleksi piala, vandel dan medali
Kalau kamu selama ini berprestasi, hargailah perjuangan kami selama ini dengan hal-hal yang sederhana seperti membersihkan koleksi piala, vandel dan medali. Bersihkan debu-debu yang menempel dengan lap basah atau tisu basah. Bersihkan dengan hati-hati. Dengan cara ini kamu pasti akan mengenang saat-saat berjuang meraihnya dan setelah itu akan bersemangat lagi untuk mengukir prestasi-prestasi baru.

3. Merapikan buku
Saat libur sekolah, luangkan lah waktu sesaat untuk merapikan buku-buku yang biasanya nggak rapi dan letak bukunya acak-acakan. Susun secara terpisah buku-buku cetak, buku pelajaran dan letakkan pensil, pulpen, crayon, penghapus, penggaris di tempat yang seharusnya.

4. Mengatur ulang kamar

Posisi kamar yang begitu-begitu saja kadang membuat kamu nggak mood. Oleh sebab itu, mengatur ulang kamar dengan susunan dan posisi yang baru memang tidak ada salahnya. Susun ulang posisi meja belajar, lemari dan tempat tidurmu. Atur sedemikian rupa biar kamu punya suasana baru. Suasana baru efektif membangkitkan mood untuk belajar dan melakukan hal-hal yang selama ini telah menjadi sesuatu yang rutin.

5. Membaca novel
Membaca novel atau cerita-cerita pendek saat liburan sangat berguna untuk mendatangkan hiburan baru. Membaca novel juga bermanfaat untuk merangsang daya imajinasi yang melahirkan kreativitas. Saat membaca kisah, kamu juga bisa mengambil inspirasi baru. Kalau selama ini belum terbiasa membaca novel. Beli dan mulai bacalah novel-novel baru.

6. Bikin prakarya

Perhatikan deh apa saja yang ada kamarmu dan di rumahmu. Ada botol air mineral, kaleng biskuit, flanel warna-warni, alat tulis, kabel charger, manik-manik. Nah, daripada terlihat berantakan, bisa lho dibuat prakarya. Yuk, wujudkan kreativitasmu untuk barang-barang yang kesannya tidak berguna jadi lebih bermanfaat.

7. Belajar musik
Udah lama nggak pegang dan memainkan piano, pianika atau gitar. Yuk, saatunya disentuh lagi. Kamu bisa belajar dengan skill yang baru dengan membuka tutorial-tutorial yang ada di Youtube atau channel video di internet. Biar nggak sepi, boleh juga ajak kakakmu main baru. Pasti heboh!

8. Mencuci sepede
Kamu nggak sadar kalau sepedamu terlihat dekil, lusuh, berdebu dan berlumpur? Saatnya dikeluarkan dan disiram dengan air dan disabunin. Saatnya basah-basahan lagi!

9. Mencoba resep baru
Nih, buat kamu yang punya hobby memasak: mencoba resep baru. Resep baru bisa kamu dapetin di buku-buku resep, internet atau di youtube. Setelah itu, kamu bisa kreasikan dengan resepmu.

10. Olah raga
Meski sedang liburan, kamu harus tetap sehat. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bangun pagi, pakai sepatu sportmu dan larilah keliling kompleks perumahan. Selain itu, kamu juga bisa berenang bersama teman-teman kamu. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*