Masak Bareng dan Kerja Part-Time Bukan Cara Paling Konyol untuk Survive di Belanda

Ahmad Giras Wruhananing Bowo (tengah), kini kuliah S1 jurusan International Relations and Organizations di Leiden University dan Thareq Akbar Adiguna (kiri tertawa), sedang menempuh S1 Double Degree International Bachelor Economics and Business Economics di Erasmus University dan FEB Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama tim KalderaNews di Den Haag, Belanda
Ahmad Giras Wruhananing Bowo (tengah), kini kuliah S1 jurusan International Relations and Organizations di Leiden University dan Thareq Akbar Adiguna (kiri tertawa), sedang menempuh S1 Double Degree International Bachelor Economics and Business Economics di Erasmus University dan FEB Universitas Gadjah Mada Yogyakarta bersama tim KalderaNews di Den Haag, Belanda (KalderaNews/ Fajar H)
Sharing for Empowerment

DEN HAAG, KalderaNews.com – Kalau kamu mau kuliah di luar negeri itu jangan cuma di angan-angan saja. Apalagi kalau hanya di mimpi saja, lebih baik gak usah deh! Karena, ada kalanya niat kamu kuliah ke luar negeri ini butuh diwujudkan dengan modal nekat! Tapi modal nekat saja tentu saja tidak cukup. Perlu juga kejelian, terutama untuk bertahan hidup alias survive.

Kenekatan dan kejelian boleh dicontoh dari dua mahasiswa Indonesia di Belanda yakni Ahmad Giras Wruhananing Bowo yang kini kuliah S1 jurusan International Relations and Organizations di Leiden University dan Thareq Akbar Adiguna yang sedang menempuh S1 Double Degree International Bachelor Economics and Business Economics di Erasmus University dan FEB Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

BACA JUGA:

Keduanya menjalani kuliah jenjang sarjana di Belanda, meskipun tidak ada beasiswa yang menyokong. Mereka mengaku nekat bertahan hidup dan kuliah di Negeri Kincir Angin saat berbicara dengan KalderaNews yang sedang di Belanda dalam rangka “KalderaNews Jelajah Negeri Kincir Angin 2018” yang diprakarsai oleh Nuffic Neso Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*