Indy Hardono: Tips Memenangkan Persaingan untuk Mendapatkan Beasiswa

Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono (KalderaNews/Fajar H)
Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono (KalderaNews/Fajar H)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan scholarship (beasiswa), menurut Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso Indonesia, Indy Hardono, ada dua hal penting yang perlu diketahui, yaitu requirement atau persyaratan dan criteria.

“Kita harus memenuhi dua hal ini. Banyak pelamar scholarship hanya fokus di pemenuhan dari requirement atau persyaratan. Requirement itu, misalkan untuk melamar S2, ia harus S1. Itu memang harus dipenuhi. Lainnya lagi misalkan terkait kemampuan bahasa Inggris, nilai TOEFL harus 525 atau IELTS harus 6.0. Itu tidak bisa ditawar,” terangnya saat berbicara pada KalderaNews baru-baru ini di sela-sela acara Pre Departure Briefing 2018 di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Auditorium Lantai 2, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Gambir, Kota Jakarta Pusat.

BACA JUGA:

“Persyaratan itu hanya untuk mengecek eligibility. Kalau memenuhi persyaratan artinya baru sampai ke tingkat eligible. Bukan berarti itu menjamin diterima di beasiswa,” imbuhnya.

Yang harus dipenuhi selanjutnya tentu saja criteria (kriteria), tepatnya kriteria dari pelamar yang diinginkan oleh si pemberi beasiswa.

“Ini yang biasanya lebih challenging. Misalkan, kriteria pelamar yang harus memiliki skill leadership yang baik atau mempunyai visi ke depan tentang bidang studi yang akan diambil. Ini perlu analisis lagi dan perlu diriset lagi, apa sebenarnya kriteria itu dan apakah profil Anda match dengan kriteria yang dinginkan oleh si pemberi beasiswa,” tandasnya.

Ia pun menjelaskan, misalkan untuk satu bidang studi, tapi pemberi beasiswa berbeda, kriterianya pun bisa berbeda. Itu yang harus dipahami dan diteliti.

“Seringkali pelamar tidak sampai pada titik itu. Jadi hanya mereka yang jeli yang bisa sampai ke titik itu,” pungkasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*